Zoom untuk Peserta Seminar Online

Zoom adalah sebuah aplikasi video conference yang lagi booming digunakan untuk meeting online saat WFH (work from home) atau BDR (bekerja dari rumah).

Berikut ini adalah cara-cara singkat untuk mempergunakan aplikasi zoom pada saat anda diundang untuk mengikuti video conference (vidcon) dalam sebuah pertemuan/seminar/kelas/meeting secara online.

Cara Mempergunakan Zoom sebagai Peserta dengan menggunakan Handphone

Pertama sekali adalah meng-install aplikasi Zoom Cloud Meeting yang bisa didapat dari website resmi www.zoom.us , dari Play-Store ataupun dari App-Store di handphone anda.

Anda harus meng-izin-kan ( allow ) penggunaan Audio dan Video apabila aplikasi zoom meminta izin menggunakan itu kepada anda.


Setelah terinstall dengan sempurna, maka buka-lah aplikasi zoom tersebut dengan mengclick icon seperti yang terlihat digambar ini.

Setelah di jalankan, maka akan terlihat layar-utama zoom dengan tampilan seperti disebelah ini.

Apabila sebagai Peserta (yang di undang), maka cara cepat untuk mengikuti (join) di suatu seminar/meeting/pertemuan yang diselenggarakan secara online dengan mempergunakan zoom adalah dengan meng-click tombol [ Join a Meeting ].
Pastikan terlebih dahulu anda telah mendapatkan Id-Meeting dan Password-Meeting tersebut sebelumnya.

Untuk Join-Meeting sebagai Peserta, tidak harus melakukan pendaftaran-baru (Sign-Up) ke zoom. Akan tetapi apabila ingin melakukan pendaftaran di zoom juga bisa dilakukan dengan meng-click tombol [ Sign-Up ], pendaftaran juga bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan account Google atau Facebook.

Sign-In dipergunakan untuk masuk dengan mempergunakan akun Zoom yang telah di daftarkan sebelumnya.

Selanjut nya adalah hal yang penting sekali, yaitu mengatur zoom yang kita pakai agar sesuai dengan seminar yang akan kita ikuti, yaitu :

  1. Masukkanlah Nama anda sesuai dengan Nama yang anda Registrasi-kan sewaktu mendaftar seminar/meeting. Nama ini akan di check oleh admin seminar, apabila tidak diketemukan maka admin tidak akan mengizinkan anda untuk bergabung ke seminar tersebut.
  2. Aturlah penggunaan Audio dan Video anda, sebaiknya kedua nya di off kan saja yang artinya anda mempergunakan Audio dan Video, atau dengan pengaturan seperti gambar arti nya Video=On dan Audio=Off
  3. Selanjutnya ketikkan lah nomor id-meeting yang sebelumnya di kirim oleh admin seminar, biasanya terdiri dari 9 sd 11 angka.
  4. Lanjutkanlah dengan meng-click tombol [ Join Meeting ]

Selanjutnya isikan lah password-meeting yang telah di kirimkan oleh admin seminar tersebut.

Password meeting ini biasanya sebanyak 6 (enam) digit.

Dan di akhiri dengan meng-click tombol [ OK ]

Biasanya zoom akan meminta izin penggunaan mic, camera dan storage, jawablah dengan meng-click tombol [ Got it ] sewaktu muncul pertanyaan “Please allow Zoom access permision. For the best meeting experience. Zoom may ask to access to your microphone, camera and storage

Selanjutnya akan terlihat video diri kita yang akan ditampilkan di ruangan seminar/meeting online tersebut.

Anda dapat langsung meng-click tombol [ Join with Video ] apabila ingin masuk dari ke ruangan meeting/seminar online tersebut dengan menyertakan/menampilkan gambar video anda

Tombol [ Join without video ] dipergunakan apabila anda tidak ingin gambar video anda disertakan/ditampilkan di ruangan meeting/seminar online tersebut.

Apabila signal atau koneksi ke Internet anda kurang bagus, sebaiknya anda tidak usah mempergunakan video ini ( video off / join without video )

Selanjutnya adalah menunggu izin masuk dari admin seminar, karena mereka akan men-check apakah nama anda dapat mengikuti seminar/meeting tersebut, tampilan yang akan keluar adalah tulisan “Please wait, the meeting host will let you in soon”

Apabila di izinkan oleh admin seminar (host) , maka secara otomatis anda akan berada didalam ruangan meeting/seminar online tersebut, beberapa yang harus diperhatikan adalah :

Click sekali ditengah2 ruangan meeting tersebut, maka akan muncul icon-icon dibagian atas dan bawah seperti di gambar sebelah ini.

Hal yang paling penting adalah status dari Audio yang terdapat di pojok kiri bawah, jikalau berwarna merah maka menandakan off (mute audio), pada posisi ini suara anda dan suara2 disekitar anda tidak terdengar di ruangan meeting. Akan tetapi apabila pada posisi on (tidak berwarna merah) maka suara anda dan suara2 disekeliling anda akan terdengar di ruangan meeting.

Biasakanlah Audio pada posisi off (seperti gambar disebelah) pada saat mendengarkan pembicaraan di ruang meeting/seminar dan hidupkan kembali (on) dengan meng-click tombol tersebut jikalau memang ingin berbicara, karena ini bisa membuat tidak nyaman pembicara atau peserta meeting yang lain apabila tiba2 anak anda menangis, atau ada yang berteriak/bersuara disekitar anda.

Apabila signal/koneksi internet ditempat anda tidak bagus, maka sebaiknya video di off kan saja.

Cara Mempergunakan Zoom sebagai Peserta dengan menggunakan Komputer


Download dan install-lah aplikasi Zoom Cloud Meeting yang bisa didapat dari website resminya www.zoom.us

Biasanya akan tampil icon gambar kamera yang berwarna biru ( lihat seperti icon di hand-phone ) di desktop komputer anda.

Setelah di jalankan maka akan tampil menu seperti gambar disebelah ini , dan click lah tombol [ Join ].

Sama dengan cara mempergunakan hand-phone, Isikanlah terlebih dahulu Nama Anda yang sesuai pada saat registrasi, karena nama tersebut nantinya akan di check oleh admin seminar.

Pada kolom sebelah atas, isikanlah Id-Meeting seperti yang telah di informasikan oleh admin seminar.

Dan dilanjutkan dengan meng-click tombol [ Join ].

Langkah-langkah selanjutnya hampir sama dengan cara mempergunakan hand-phone.
Berikut ini ada kami sertakan video yang di ambil dari youtube, sebagai bahan referensi.

Semoga cara cepat menggunakan aplikasi zoom ini bisa membantu dalam mengikuti seminar-seminar online yang diselenggarakan oleh YKAD.

One thought on “Zoom untuk Peserta Seminar Online

  1. SUNARDI HASAN says:

    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous article

Cara Membuat Chart HD