BERDZIKIR MASAM #2

Tulisan ini dibuat sebagai lanjutan terhadap tulisan tentang berdzikir masam yang telah di posting sebelumnya.

Banyak perubahan yang terjadi selama 1-2 tahun belakangan ini terhadap paradigma dan pola-pikir saya, sehingga ada ketertarikan untuk menuliskan tulisan ini sebagai sharing ‘journey’ dari pengalaman pribadi yang saya alami.

‘daleman’ yang saya rasakan saat ini tidak hanya berkisaran kita mengetahui saja, akan tetapi sebaiknya mungkin kita harus lebih ‘memahami’ apa-apa saja yang hendak disampaikan daleman tersebut sehingga akhirnya bisa mengantarkan kita pada apa yang disebut dengan Personal-God .

Secara ilmiah (psikologi) dan sesuai dengan apa yang telah saya pelajari, daleman itu ternyata banyak sekali jenis2 nya, berikut ini saya sampaikan sesuai dengan kapasitas yang saya miliki :

1. Mengetahui tipe, potensi, kecenderungan prilaku dan lain-lain dapat didapatkan dengan mempelajari Human-Design

2. Untuk memahami diri secara ilmiah, dapat dipelajari didalam dunia psikologi, salah satunya adalah dengan memakai metode yang telah dilakukan oleh CG Jung, yang dalam pembahasannya mencakup archetype, anima, animus, shadow, dll.

Dengan memahami dan berdamai dengan daleman sendiri ini diharapkan kita bisa menemukan THE SELF yang ada dalam diri individuation kita sendiri, efek positif dari mempelajari hal tersebut adalah membuat diri kita mejadi lebih bijaksana dalam memahami hidup dan kehidupan ini, lebih lentur terhadap dunia ini dan tidak mudah untuk menyalahkan yang lainnya.

Sekali lagi, semua ini merupakan sudut pandang pribadi saja, setidaknya bisa menambah referensi bagi ilmu pengetahuan kita dalam menterjemahkan hal-hal yang berbau supranatural, karena kehidupan di zaman-now ini sangat membutuhkan penjelasan-penjelasan yang logis.

Medan, Mei 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous article

OUTSOURCE ACCOUNTING

Next article

DAPUR UMUM KARENA COVID-19